Pidato Bung Karno Tentang Lahirnya Pancasila Lengkap

by | Mar 18, 2021 | Bung Karno, Tokoh | 0 comments

Pidato Lahirnya Pancasila
Bung Karno saat Menyampaikan Pidatonya dalam Sidang BPUPKI 1 Juni 1945 (Pidato Lahirnya pancasila) , hari ini di kemudian hari menjadi hari lahirnya pancasila

Pidato Bung Karno pada Saat Sidang  Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) tahun 1 Juni 1945 merupakan Tonggak Sejarah lahirnya Pancasila yang telah di klistalkan dalam 5 Butir Sila, serta menjadi rentetan yang tak terpisahkan dalam rangkaian Kemerdekaan indonesia sehingga puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia.

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan atau yang di singkat BPUPKI ada tambahan I : INDONESIA, merupakan badan yang di bentuk oleh pemerintahan jepang dalam upaya meraih simpati Rakyat jajahan atas kekalahan jepang dalam perang asia pasifik. BPUPKI cara resmi di lantik pada tanggal 28 Mei 1945 dan mulai Bersidang pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945.

Dalam Sidang-sidang yang ada di BPUPKI tak lain ialah untuk membahas Rumusan dasar negara, Bentuk negara dan Filsafat Negara (Indonesia Merdeka”. Beberapa hari bersidang belum menmukan Titik Terang, Bung Karno Berkesempatan Menyampaikan Pidato Gagasannya tentang Dasar Negara Indonesia Merdeka, pidato ini tidak di persiapkan secara tertulis. Pidato yang Monumental inilah tidak berjudul baru kemudian mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI, Terakhir, sejah 2017, pada tanggal 1 juni resmi menjadi Hari Libur nasional sebagai penghormatan atas Lahirnya Pancasila yang menjadi dasar negara kita.

Bung Karno Menyampaikan Pidato Gagasannya Tentang dasar negara dalam Sidang BPUPKI ini sangat Runtut dan Lumayan panjang, ia menyampaikan kepada Jepang bahwa indonesia memiliki dasar Negara Merdeka (Political Independent) yang juga di miliki oleh negara lain dengan ciri dan kebutuhan indonesia sendiri. Kita melihat dalam dunia ini, bahwa banyak negeri-negeri yang merdeka, dan banyak diantara negeri-negeri yang merdeka itu berdiri di atas suatuā€˛Weltanschauung” (Pandangan Dunia), ia sampaikan dengan detail, Hitler Mendirikan Jerman dengan Nasionalisme-Sosialisme (NAZI) , Lenin Mendirikan Soviet dengan Maxisme , Ibnu Saud Mendirikan Arab Saudi berlandaskan Islam.

Bung Karno Menyampaikan suatu negara merdeka harus Mempunyai Dasar negara yaitu suatu ā€˛Weltanschauung”, namun selain itu bung karno juga membakar semangat rakyat jika kemerdekaan merupakan satu hal yang harus ada dalam diri setiap rakyat indonesia, Individu-individu haruslah merdeka di dalam hatinya baru kemudian tekat itu akan membara, tidak usah menunggu negara kita kaya, negara kita bebas dari penyakit malaria, jika setiap rakyat sudah menginginkan merdeka dan berkomitmen merdeka, urusan dalam negeri kita akan kita tanggung bersama-sama, bahu membahu membangun indonesia merdeka.

Dalam Pidato Panjang tersbut Sebelum Bung Karno menyampaikan Gagasan Tentang Dasar Negara Indonesia Merdeka, ia sampaikan kepada rakyat jika kemerdekaan tidak harus menunggu rakyat kita Pintar, rakyat kita kaya, sekarang tekat kita yang akan menetukan kita merdeka. Ingatlah dunia akan mengakui kita medeka dengan syarat yang sudah kita miliki, yakni Kita Memiliki Rakya, Wilayah dan Pemerintahan serta pengakuan dari Satu negara lain yang merdeka. cukup itu, kita sudah bisa Menjadi Indonesia Merdeka. dalam pidato tersbeut bung karno mendapatkan banyak tepuk tangan riuh, baru kemudian bungkarno menyampaikan gagsannya tentang dasar negara.

Gagasan Bung karno tentang dasar negara yang sekarang ini kita semua sebut dengan Panca Sila merupakan Pidatonya yang di rangkum dan di kristalisasi sehingga menjadi 5 sila. kami akan coba sajikan pidato lengkap bung karno dalam silang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945.

DOWNLOAD