Pelantikan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Presiden RI Ke 4
Pelantikan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Presiden RI Ke 4

Naskah Pidato Pelantikan Gus Dur Menjadi Presiden Ke 4 Indonesia

Posted on
Pelantikan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Presiden RI Ke 4
Pelantikan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Presiden RI Ke 4

KH. Abdurrahman Wahid atau sering di panggil Gus Dur Merupakan Tokoh sentral negara kita, Selain Pernah Menjabat Sebagai Presiden Ke 4 Indonesia, ia juga merupakan Anak dari Pahlawan Nasional Republik indonesia KH. Wahid Hasyim (Anggota BPUPKI / TIm 9) dan Cucu Pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari. Gus Dur Memiliki karisma yang luar biasa, sebagai sosok intelektual Pesantren yang memiliki kecerdasar yang luar biasa, sering kali gus dur menyampaikan gagasannya dengan gaya santai dan ringan serta di bumbuhi joke-joke yang renyah. bahkan dalam merespon semua permasalahan gus dur sering ber gumam , Gitu Aja Repot.

Walau hanya menjabat 1, tahun menjadi presiden, Gus dur memiliki andil yang besar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Masa pemerintahan gus dur merupakan masa yang sulit karena dalam posisi tersebut indonesia berada dalam masalah ancaman disintegrasi, masalah krisis moneter, masalah KKN yang akut.

Paska kerusuhan 98, Berbagai daerah ingin memisahkan diri dari indonesia, seperti Irian jaya, timor-timor dll. dengan gaya kepemimpinannya, Gus dur mampu meredam dan menjaga keutuhan bangsa ini. dalam kepemimpinannya pula, ia menghapus status Tahanan Politik yang melekat pada mantan Tahanan Politik kasus PKI 66.

Jalannya roda pemerintahan di era Gus Dur memang sudah di sampaikan dalam Pidato Sambutannya saat pelantikan Presiden di depan Majlis Permusyawaratan rakyat serta seluruh rakyat indonesia. dimana ia menyampaikan jika menjadi presiden merupakan tugas yang amat berat, ia meminta dukungan agar ia dan para pembantunya dapat menjalankan pemerintahan dengan baik.

Gus Dur dalam sambutannya menyampaikan, dalam situasi persaingan yang sangat keras, kita harus mempertahankan keutuhan bangsa ini di hadapan bangsa-bangsa lain yang menganggap ringan perasaan dan harga diri kita. sebagai bangsa gus dur menyampaikan pula agar hubungan internasional antar-negara harus tetap terjaga dengan baik dengan berpegang teguh pada prinsip saling menghormati dan menghargai, untuk itulah kita tidak bisa menerima adanya campur tangan bangsa lain kepada bangsa kita.

Demikian pula kita juga harus memahami bahwa pemerintah pada dasarnya harus  memberikan pertanggungjawaban yang jujur kepada rakyat bukannya membohongi  mereka. Di samping itu pula, harus tetap diingat bahwa kita berada di tengah-tengah  kompetisi berat, yang dapat membuat kita kelelahan, kecapaian. Tetapi hasilnya insya  Allah akan kita rasakan bersama yaitu adanya bangsa yang kuat, bangsa yang beradab,  bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang berteknologi maju dan bangsa yang  berpengetahuan di masa-masa yang akan datang.  

Berikut Naskah Pidato Pelantikan Gus Dur Menjadi Presiden Republik Indonesia ke 4

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *